PLTS Rooftop On Grid

Cara Kerja (How It Works)
PLTS Rooftop (Solar Rooftop) On Grid

Secara default, PLTS Rooftop On Grid (PLTS Atap / Surya Atap / Solar Rooftop / PV Roof) menggunakan sistem AC Coupling. PLTS dijalankan paralel dengan jaringan PLN / grid tanpa baterai. Penggunanaan baterai sebagai backup (UPS) dimungkinkan dengan penambahan battery inverter.

Pada sistem AC Coupling, output solar inverter terkoneksi dengan jaringan listrik PLN / grid dan secara simultan melayani beban. Daya yang diproduksi PLTS menjadi prioritas untuk digunakan sehingga mengurangi konsumsi listrik dari PLN / grid. Jika ada kelebihan daya dapat disalurkan ke jaringan PLN (feed-in / export) dengan skema pengurangan tagihan listrik.

Lihat Spesifikasi Solusi:

Sistem AC Coupling

Beban = Produksi PLTS

Seluruh produksi energi yang dihasilkan PLTS akan melayani beban yang ada tanpa mengambil energi dari grid / jaringan PLN.

Produksi PLTS = 0

Baik karena malam hari maupun kondisi cuaca sangat buruk, maka beban akan dilayani langsung oleh grid / jaringan PLN.

Beban < Produksi PLTS

Sebagian produksi energi PLTS akan melayani beban dan kelebihan energi akan dialirkan ke grid / jaringan PLN (feed-in).

Beban > Produksi PLTS

Seluruh produksi energi PLTS akan melayani beban dan kekurangan energi beban akan dibantu oleh grid / jaringan PLN.

Ketika pasokan listrik dari PLN padam, maka PLTS akan ikut berhenti bekerja meskipun kondisi siang hari ketika matahari bersinar.

Hal ini dikarenakan sistem PLTS On Grid bergantung pada tegangan referensi grid untuk beroperasi. Hal ini adalah standar pembangkitan listrik yang bekerja paralel dengan grid untuk keamanan dan keselamatan pada jaringan distribusi saat terjadi gangguan dan/atau melakukan perbaikan.

Kurva Beban vs Produksi PLTS

Kurva berikut mengasumsikan aktivitas penggunaan beban listrik terbesar terjadi di siang hari pada saat matahari bersinar. Seluruh produksi energi PLTS On Grid akan dipakai sendiri yang akan mengurangi konsumsi listrik PLN dan berdampak pada pengurangan tagihan bulanan listrik (penghematan). Kurva beban tersebut akan menentukan kapasitas PLTS yang sesuai dan efisien secara biaya (ekonomis).

Share this page

Menu Solusi
PLTS Rooftop On Grid

  Brosur Solusi

Brosur Solusi PLTS Rooftop On Grid

  Search (Pencarian)

  Authorized Distributor

SMA Solar Technology Fronius Studer Benyi

Sekilas Hexamitra

Hexamitra merupakan salah satu pengembang, distributor dan aplikator terbaik di Indonesia untuk bidang pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan efisiensi energi. Pendekatan kami adalah membuat sistem terbaik dengan mengacu pada spesifikasi teknik dan standar yang ada.

Mengapa Hexamitra?

Informasi yang lengkap membantu memahami solusi yang ditawarkan. Spesifikasi, kalkulasi teknis, ekonomis dan kajian kebijakan Hexamitra sudah banyak diadopsi dan diimplementasi.Dalam situs ini, anda akan menemui detail solusi dan informasi lain sebagai bagian misi sharing knowldege Hexamitra.
Hexamitra telah menjadi authorized distributor dan service partner produk-produk terkemuka nasional dan internasional. Kami menangani langsung layanan purna jual perangkat sehingga tidak perlu lagi khawatir akan keberlangsungan garansi produk yang kami suplai dan/atau instal.
Dengan pengalaman di berbagai daerah di seluruh Indonesia serta dukungan mitra logistik yang handal, kami tidak menemui masalah berarti untuk melaksanakan pekerjaan, bahkan di lokasi yang terpencil serta pulau yang berada di batas terluar wilayah Indonesia.